Tempat Wisata di Bandung Paling Terkenal Untuk Dikunjungi


Ada banyak tempat wisata di Bandung yang digemari kalangan penikmat perjalanan, mulai dari pesona alamnya yang memikat, sajian kulinernya yang lezat, khasanah budaya dan wisata sejarahnya, hingga wahana permainan dan hiburan yang menyenangkan.

Bandung memiliki iklim yang sejuk mengingat topografi daerahnya yang dikelilingi pegunungan. Kondisi alam yang mendukung serta keramahan masyarakatnya yang santun seolah menempatkan berbagai tempat wisata di Bandung sebagai tujuan wisata favorit, terutama saat akhir pekan dan masa liburan.

Bagi warga Jakarta, mengunjungi Bandung untuk berekreasi adalah hal yang telah ada sejak lama. Ini mengingat jarak tempuh yang terbilang cukup dekat. Selain Bandung, Kota Bogor dan kawasan Puncak adalah pula tujuan favorit lainnya dengan akses yang cepat dari Jakarta.

Tidak hanya Jakarta saja, kedatangan wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia ke Bandung juga memperlihatkan angka statistik yang tidak sedikit. Belum lagi ditambah dengan pesona Bandung yang turut mengundang kedatangan para penikmat perjalanan dari mancanegara.

Kota Bandung adalah pula destinasi wisata belanja yang favorit. Anda dapat menjumpai banyak tempat belanja serta factory outlet yang masing-masing menawarkan berbagai produknya yang khas dan relatif murah. Selain itu, tujuan kuliner Bandung semakin menambah semarak daftar destinasi yang patut dikunjungi oleh para wisatawan selama berlibur di Kota Kembang tersebut.
Tempat Wisata di Bandung

Untuk memperkaya referensi Anda tentang berbagai tempat menarik di Bandung, berikut ini adalah tempat wisata di Bandung paling terkenal dan sayang sekali untuk dilewatkan tatkala berlibur di sana.
 
Tempat Menarik di Kota Bandung

1. Museum Geologi

Museum yang berdiri sejak tahun 1928 ini adalah salah satu objek wisata di Bandung yang ramai dikunjungi wisatawan, baik dari kalangan pelajar dan mahasiswa hingga publik luas, termasuk kalangan penikmat perjalanan dari mancanegara. Anda akan menjumpai dua lantai utama di sana dengan masing-masing ruang yang dimilikinya.
Ada Ruang Orientasi yang berisi peta geografis Indonesia berbentuk relief. Juga ada Ruang Geologi yang menampilkan koleksi tentang bumi, tata surya, dan fosil-fosil sejarah. Sementara ruangan di sayap timur memberikan Anda pengetahuan tentang sejarah pertumbuhan makhluk hidup. Di lantai 2, Anda dapat menjumpai maket tambang emas terbesar di dunia yang ada di Papua.

2. Gedung Sate

Gedung ini adalah sebuah bangunan bersejarah yang ada di pusat kota Bandung. Disebut sebagai Gedung Sate karena gedung ini mempunyai ciri khas yang unik, yaitu ornamen 6 tusuk sate yang ada di atas menara sentral. 6 tusuk sate ini melambangkan 6 juta Gulden yang dipakai untuk membangun gedung berwarna putih ini pada masanya. Gedung ini sangat terkenal tidak hanya di kota Bandung saja, melainkan juga sudah terkenal di Jawa Barat dan Indonesia.
Gedung yang dibangun pada tahun 1920 ini sampai sekarang masih berdiri kokoh dan berfungsi sebagai pusat pemerintahan kota Bandung. Gedung yang disebut-sebut sebagai ‘Gedung Putih-nya Bandung’ ini sekarang telah menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang paling banyak dijadikan tempat berfoto-foto. Hal ini dikarenakan arsitektur yang sangat indah dan megah serta unsur sejarah dan budaya yang dimilikinya.



Tidak hanya bangunannya saja yang sangat disukai, namun juga unsur pelengkap bangunan tersebut berupa taman yang sangat terawat dengan baik. Taman di sekeliling Gedung Sate adalah lokasi favorit untuk wisatawan berfoto-foto, baik berfoto biasa untuk kenang-kenangan maupun foto untuk pengantin dan pengambilan gambar untuk film. Setiap hari Minggu, selain ramai dengan kegiatan wisata, kawasan taman ini juga ramai dikunjungi orang yang ingin bersantai dan berolahraga ringan.

3. Trans Studio Bandung
Sebagai salah satu tempat wisata di Bandung yang sangat digemari banyak keluarga, Anda dapat dengan mudah untuk tiba di lokasi Trans Studio Bandung. Trans Studio memiliki 6 pertunjukan utama yang bertema teatrikal, yakni Kabayan Goes to Hollywood, Legenda Putera Mahkota, Petualangan si Bolang dan zoo crew, Special Effect action show, New Parade & Laser Show, dan Trans Studio Big Band.
Objek wisata Bandung ini menawarkan Anda 20 wahana permainan, mulai dari extreme rides hingga softplay untuk anak-anak, serta berbagai kegiatan hiburan lainnya yang mengasyikkan.

4. Kebun Binatang Bandung

Kebun Binatang adalah destinasi wisata Bandung yang populer. Ada banyak kalangan penikmat perjalanan yang mengunjunginya, terutama sebagai tujuan wisata keluarga yang murah di Bandung serta memberi banyak manfaat positif bagi anak-anak. Ketika tiba masa-masa libur dan akhir pekan, Kebun Binatang Bandung menjadi demikian ramai oleh kunjungan wisatawan.
Areal wisata kebun binatang ini sungguh sejuk, rimbun dedaunan pohon-pohon yang ada di sana melindungi satwa dan menjaga Anda dari terik panas matahari. Menaiki bebek kayuh atau bersepeda air akan sangat menyenangkan bagi anak-anak. Atau, menunggangi kuda hingga gajah juga mungkin menarik bagi Anda.

5. Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Konferensi Asia Afrika menyimpan kenangan sebuah hajatan dunia yang terkenal, yakni Konferensi Asia Afrika yang terselenggara di Bandung pada 18-24 April 1955 silam dengan hasilnya yang masyhur dengan sebutan Dasa Sila Bandung, yakni sebuah pedoman bangsa-bangsa terjajah di dunia dalam perjuangan memperoleh kemerdekaan.
Objek wisata di Bandung yang satu ini memiliki rancang arsitektural Art Deco, dibangun dengan bahan lantai dasar marmer yang didatangkan langsung dari Italia. Ruangannya dibuat dari kayu Cikenhout yang terkenal kuat dan berpenerangan lampu kristal. Museum Konferensi Asia Afrika adalah bagian yang tak terpisahkan dari Gedung Merdeka (tempat persidangan konferensi).

6. Museum Sri Baduga
Inilah tempat terbaik jika Anda ingin mengetahui dan memperoleh gambaran tentang perjalanan sejarah alam dan budaya masyarakat Jawa Barat serta fase-fase perkembangan dan perubahannya.
Museum Sri Baduga menyimpan sekitar 5.367 buah koleksi, tidak terbatas pada bentuk asli semata, tetapi juga meliputi aneka koleksi replika, miniatur, foto, serta maket. Tempat wisata sejarah di Bandung yang satu ini sangat cocok bagi Anda penyuka sejarah.

7. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

Inilah taman rekreasi yang terletak di jantung kota Bandung dan memiliki nilai manfaat besar bagi anak-anak sebagai pusat latihan membaca rambu-rambu lalu lintas. Objek wisata Bandung yang satu ini berhawa sejuk dan asri dengan kursi-kursi taman yang banyak.
Di Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani, anak-anak Anda dapat menikmati pengalaman berkendara dengan sepeda atau kendaraan mini pada jalur buatan yang telah dilengkapi rambu-rambu lalu lintas. Inilah praktik belajar kelalulintasan dalam balutan permainan yang menyenangkan bagi putera-puteri Anda.

8. Kolam Renang Karang Setra

Inilah salah satu tempat wisata di Bandung yang legendaris. Kolam Renang Karang Setra pernah tercatat sebagai kolam renang terluas se-Asia Tenggara pada saat pertama kali diresmikan oleh Presiden ke-1 Indonesia, Soekarno pada tahun 1954 yang berdiri di atas lahan seluas 6 hektar.
Karang Setra Waterland dibangun dengan konsep kolam renang outdoor dan memiliki aneka wahana permainan air modern, seperti Kolam Prestasi, Waterboom dengan panjang lintasan 86 meter, Kolam Naga, Aqua Play, Kolam Pantai, Water Ball, Space Ball, Bungge Trampoline, Banteng Ngamuk ,dan Ruang Gempa.

Tempat Menarik di Bandung Utara

9. Taman Wisata Alam Maribaya
Maribaya menyuguhkan Anda pengalaman wisata alam yang menyegarkan. Dengan ikon air terjun Maribaya (Curug Maribaya) yang berketinggian 25 meter, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang mempesona dalam balutan udara segar yang menyehatkan.
Kawasan wisata di Bandung yang satu ini telah terkenal sejak dulu akan keindahan air terjunnya, kolam pemandian air panas, panorama alam, serta sajian kuliner lokal yang nikmat.

10. Kawasan Punclut

Inilah tempat wisata di Bandung yang mampu menyuguhkan Anda sebuah lanskap Kota Bandung dari ketinggian. Kawasan Punclut, singkatan dari Puncak Ciumbuleuit, berada pada ketinggian sekitar 1.000 m dpl dengan hawa yang cenderung dingin dan menyegarkan.

Panorama eksotis Kota Bandung, terutama di malam hari sungguh menawan terlihat. Terlebih lagi sembari menikmati kuliner lokal yang lezat di sana. Ada banyak warung lesehan yang menyajikan Anda makanan dan minuman yang nikmat tatkala mengunjungi Punclut.

11. Kebun Bunga Cihideung

Inilah kawasan wisata bunga di Bandung dengan ragam jenis bunga yang ditumbuhkembangkan di sana, mulai dari bunga krisan, mawar, gladiol, aster, hingga pohon buah jeruk kimkit.
Para penyuka tanaman bunga selalu suka untuk mengunjungi destinasi wisata Bandung yang satu ini. Anda dapat membeli bunga potong atau bunga pot dengan harga yang kompetitif. Semuanya dibalut dalam keramahan petani bunga yang sungguh berkesan di hati.

12. De’Ranch
De’Ranch adalah juga destinasi wisata favorit yang sangat digemari anak-anak serta banyak keluarga. Destinasi wisata Bandung yang satu ini menghadirkan kegembiraan berkuda ala cowboy dalam suatu kawasan yang sungguh alami.
Beberapa kegiatan wisata yang populer di sana, misalnya menunggang kuda, naik delman, fun boat, panahan, gold hunter, dan lain sebagainya.

13. Kampung Gajah Wonderland
Sebagai salah satu tempat wisata di Bandung yang mengintegrasikan secara harmonis antara kegiatan kuliner, wisata keluarga, dan belanja, Kampung Gajah Wonderland disukai karena tersedianya berbagai kegiatan wisata dan sarana hiburan yang menyenangkan.
Terletak pada daerah berketinggian 900 meter dpl, Kampung Gajah memiliki panorama alam yang menyegarkan dan udara yang sejuk. Aneka wahana permainan di sana terbilang lengkap, sebuah hal yang disukai banyak wisatawan dari berbagai usia.


14. Gunung Tangkuban Perahu


Pesona Tangkuban Perahu terletak pada kawahnya yang besar. Kawah inilah yang menciptakan sebuah panorama menakjubkan jika Anda menjejakkan kaki di sana.
Meski merupakan sebuah gunung api yang masih aktif, Tangkuban Perahu sangat aman untuk dikunjungi. Gas sulfur masih keluar dari kawah meskipun tidak aktif. Gunung Tangkuban Perahu oleh masyarakat Jawa Barat telah melegenda melalui sebuah kisah bernama Sangkuriang.

Tempat Menarik di Bandung Selatan
 
15. Air Panas Ciwalini

Bersumber dari air panas Gunung Patuha, Anda dapat menikmati sensasi berendam di kolam air air Ciwalini dengan efek yang menyehatkan bagi tubuh. Anda akan mendapati betapa jernihnya air panas yang ada di sana serta tidak akan mencium aroma belerang apapun.



Tersedia dua kolam pemandian air panas, yaitu kolam pemandian untuk dewasa dan untuk anak-anak. Jika Anda menginginkan privasi, tersedia pula tempat mandi air panas di lokasi ini dengan kondisi yang tertutup. Eksistensi salah satu tempat wisata di Bandung ini telah dikenal sejak lama di kalangan wisatawan.

16. Kawah Putih

Kawah Putih berada di kawasan pegunungan berketinggian 2.400 meter dpl dengan suhu udara cenderung dingin yang bahkan dapat mencapai 8 derajat Celcius serta berhawa udara yang menyegarkan.



Sebagai salah satu tempat wisata di Bandung yang terkenal, Anda akan mendapati pemandangan alam yang sungguh mempesona di sana. Sejauh mata memandang horizon di depan, terlihat tanah yang berwarna putih laksana salju. Air danau juga berwarna putih kehijauan dengan warna danau yang berubah-ubah sesuai tinggi rendahnya suhu, faktor cuaca, dan kadar belerang yang terkandung.

Related Posts:

0 Response to "Tempat Wisata di Bandung Paling Terkenal Untuk Dikunjungi"

Posting Komentar